Program Makan Siang Gratis Dikritik, TKN Tegaskan Sudah Terbukti Berhasil di Dunia

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Program Makan Siang Gratis pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo-Gibran kembali mendapat kritikan.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hamdan Hamedan menanggapi kritik tersebut dengan santai. 

Hamdan optimis program makan siang ini diterima dan didukung oleh masyarakat Indonesia.

“Program makan siang gratis ini mendapatkan respons positif dari masyarakat, tidak hanya karena manfaat langsung yang dirasakan, tetapi juga karena familiaritas dan sejarah panjang program ini dalam mendukung kesejahteraan dan nutrisi anak-anak. Tidak hanya di Indonesia.” jelas Hamdan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/1).

Hamdan beralasan, program makan siang gratis ini punya sejarah pembuktian yang lengkap dan panjang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga: Konsisten Lanjutkan Program Kerja Presiden Jokowi, Prabowo-Gibran Dinilai Jadi Pilihan Utama Rakyat

Di Indonesia misalnya, Hamdan menjelaskan kalau program makan siang gratis di sekolah bukan hal yang baru.

“Dari tahun 1997 hingga 2000, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjalankan
Program Pemberian Makan Tambahan Anak Sekolah yang menjangkau 2,3 juta siswa di luar Jawa dan Bali. Jadi ini bukan hal baru.” papar Hamdan.

Hamdan juga mencontohkan dalam konteks pesantren misalnya, program bantuan makanan sudah dijalankan sejak puluhan, bahkan ratusan tahun oleh para kiai atau nyai di pesantren.

Hamdan menambahkan, selain di Indonesia, program serupa juga telah dilakukan oleh berbagai negara di dunia. Klaim tersebut merujuk pada data World Food Programme (WFP).

Baca juga: Dapat Dukungan dari 4 Kelompok Pendukung Erick Thohir, TKN Yakin Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Dalam laporan berjudul “State of School Feeding Worldwide 2022”, WFP menyebut program makan siang gratis telah dilakukan di 76 negara.

“Program makan siang gratis telah membantu lebih dari 418 juta siswa secara global, setidaknya di 76 negara. Dan juga telah menciptakan 4 juta pekerjaan,” pungkas Hamdan Hamedan.

Baca Juga  Mawar de Jongh, Sara Fajira dan Hanggini Sebut Kisah Film 'Para Betina Pengikut Iblis 2' Makin Sadis

Sebelumnya, pasangan Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kompak menyindir Program Makan Siang Gratis di tempat terpisah.

Ganjar di berbagai kesempatan menyebut program tersebut sebagai pesta pora anggaran, dan Mahfud MD juga mengkaitkan program makan siang gratis dengan impor. Hal tersebut juga kemudian dibantah oleh TKN Prabowo Gibran.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *