Pemprov DKI Raih Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi dan Birokrasi Bersih Bebas dan Melayani

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Miftahul Munir

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR – Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), di Bali Nusa Dua Convention Center pada 5-6 Desember 2023.

Penghargaan itu diberikan atas hasil evaluasi Reformasi Birokrasi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dan Zona Integritas tahun 2023.

Acara pemberian penghargaan ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan MenPAN-RB Azwar Anas.  

Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta Yayan Yuhanah menjelaskan, ada dua penghargaan yang diraih oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pertama adalah Pemprov DKI mendapat Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru, serta predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta. 

Baca juga: Pemprov DKI Siapkan Acara Seru Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 di Monas untuk Muda Mudi

“Alhamdulillah, penghargaan ini sebagai wujud komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk tetap transparan dan akuntabel dalam menjalankan pemerintahan,” ucapnya, Jumat (8/12/2023). 

Meski dapat penghargaan, tapi ia mengingatkan agar jajaran Pemprov DKI bisa lebih baik lagi untuk melayani maysarakat dan mencegah korupsi.

Baca juga: Pemprov DKI Siapkan Upaya Menjaga Stabilisasi Harga Pangan Jelang Nataru 2023, Pasokan Cabai Menurun

Yayan melanjutkan, penghargaan yang diberikan ini menambah capaian predikat Zona Integritas WBK/WBBM di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 

Saat ini total penghargaan yang diterima Pemprov DKI dengan kategori sama sebanyak 16 di Unit Kerja Perangkat Daerah WBK dan tiga Unit Kerja Perangkat Daerah meraih predikat WBBM.

Menurut Yayan, penghargaan diberikan sesuai Peraturan MenPAN-RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi).

Baca Juga  Warga Palestina Mulai Putus Asa Usai Israel Serang Wilayah Pengungsian, Tak Punya Lagi Tempat Aman

Kemudian juga menuju daerah WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) di Instansi Pemerintah.

“Tim Penilai Nasional (TPN) telah melakukan evaluasi atas Pembangunan Zona Integritas pada unit atau satuan kerja yang diusulkan berpredikat menuju WBK/WBBM di Provinsi DKI Jakarta,” imbuhnya. (m26)

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *