Pahami Tentang Fungsi dan Ragam Jenis Stop Kontak

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah alat kelistrikan yang disebut sebagai stop contact atau stop kontak.

Alat ini begitu akrab dengan kita dan kita gunakan hampir setiap hari. Tanpa adanya alat ini kita mungkin akan kesulitan untuk menggunakan listrik.

Mari berkenalan lebih jauh dengan stop kontak dan kenali seperti apa cara perawatannya.

Pengertian dan fungsi stop kontak

Stop kontak merupakan sebuah alat kelistrikan yang bisa digunakan dimana saja. Alat ini berfungsi memutus dan menyambung aliran listrik.

Arus listrik positif dan negatif akan disambungkan melalui alat tersebut. Pemakaiannya sama saja seperti alat elektronik lain yang bisa mengalirkan listrik dan harus digunakan secara hati-hati.

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk menghubungkan arus listrik ke perangkat elektronik yang membutuhkan daya listrik.

Misalnya saja TV yang tidak bisa menyala jika tidak ada sumber listrik. Kabel pada TV perlu dihubungkan dengan stop kontak agar bisa mendapatkan aliran listrik sebagai sumber energi.

Selain itu stop kontak juga akan bekerja memutuskan aliran listrik dari perangkat elektronik. Jika sumber listrik sudah tidak dibutuhkan lagi maka stop kontak akan memutuskan alirannya.

Jadi perangkat elektronik tidak akan lagi menerima energi listrik dan berada dalam kondisi mati.

Umumnya stop kontak terbuat dari bahan plastik. Bahan ini dianggap paling aman jika bersinggungan dengan listrik.

Namun bagaimanapun juga pengguna harus tetap berhati-hati. Apalagi jika ada anak-anak di rumah, sebaiknya pemakaian alat kelistrikan ini benar-benar diperhatikan.

Ragam jenis stop kontak
 
Anda bisa menemukan banyak sekali jenis stop contact di pasaran. Setiap tipe memiliki spesifikasi yang berbeda meskipun fungsinya sama-sama memutus dan mengalirkan listrik.

Berikut adalah beberapa jenis dari stop kontak yang perlu Anda pahami:

Baca Juga  BREAKING NEWS! Ecky Listhianto Pemutilasi Angela Hindriati Divionis Seumur Hidup



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *