Mahfud MD Mundur, Erry Rijana: Pemimpin yang Mampu Mengendalikan Syahwat Kekuasaan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Mundurnya Mahfud MD dari jabatan Menteri Koordinator Bidang, Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menuai pujian.

Sebelumnya, Mahfud menyatakan sudah menyiapkan surat pengunduran diri sebagai Menko Polhukam dari Kabinet Indonesia Maju.

Kini, Mahfud tinggal menunggu jadwal untuk bisa bertemu dengan Presiden Jokowi guna memberikan langsung surat pengunduran diri tersebut.

“Hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik, dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu dengan Presiden,” ujar Mahfud ketika berkunjung ke Lampung Tengah, dikutip dari Kompas TV, Rabu (31/1/2024).

Mahfud mengungkapkan bahwa dirinya selalu membawa surat pengunduran diri yang sudah disiapkannya.

Ia beralasan, surat tersebut sengaja selalu dibawa kemana saja dirinya pergi karena khawatir sewaktu-waktu bertemu dengan Jokowi.

Baca juga: Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam, TKN Prabowo Gibran: Pemerintahan akan Baik-baik Saja

“Saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu (bertemu) langsung, saya ketemu langsung, saya sampaikan surat ini,” kata Mahfud.

Mahfud menambahkan, Presiden saat ini tengah berada di luar Jakarta hingga Kamis (1/2/2024).

Begitu juga dirinya akan berada di luar Ibu Kota di hari yang sama.

Mahfud berharap ia bisa bertemu dengan Jokowi secepat mungkin setibanya kembali ke Ibu Kota.

“Presiden ada di luar Jakarta sampai Kamis dan saya juga baru akan pulang ke Jakarta Kamis, mudah-mudahan secepat kami tiba di Jakarta secepat pula kami bisa bertemu,” imbuhnya.

Keputusan Mahfud tersebut juga dianggap menjadi teladan nyata seorang pemimpin yang mampu mengendalikan syahwat kekuasaan.

Baca Juga  Parah Banget! Ratusan Kendaraan Dinas Pemkot Tangerang Belum Bayar Pajak Tahun 2023

Baca juga: Respon Presiden Jokowi Atas Niat Mahfud MD Mengundurkan Diri dari Jabatan Menko Polhukam

“Ketika aturan membolehkan pun, ia tidak memanfaatkan apalagi menikmati, karena mengutamakan nilai kepatutan,” ujar mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Rijana Hardjapamekas dikutip dari siaran pers, Rabu (31/1/2024).

Erry menilai sikap Mahfud menjadi contoh sekaligus teguran halus bagi para menteri yang terlibat dalam kontestasi Pemilu 2024, namun tidak mundur dengan berlindung di balik peraturan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *