Korlantas Polri Perpanjang One Way Tol Cipali, Ampuh Mengatasi Kemacetan Parah saat Mudik Lebaran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Korlantas Polri memperpanjang rekayasa lalu lintas one way dari KM 72 Tol Cipali, Jawa Barat sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Jawa Tengah.

Diketahui, sejatinya berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) rekayasa itu hanya diterapkan sampai Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB.

Namun, Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut, perpanjangan skema one way ini dilakukan penerapannya hingga Senin (8/4/2024) pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Sempat Macet Parah, Puncak Mudik Lebaran Usai, Jumlah Penumpang di Pelabuhan Merak Menurun

“Yang semula dijadwalkan tanggal 7 April 2024 ini kami jadwalkan pukul 24.00 untuk rekayasa lalu lintas one way dan seterusnya dihentikan, untuk kegiatan rekayasa lalu lintas menuju ke timur ini kami akan teruskan, lanjutkan, sampai dengan nanti kami evaluasi besok,” kata Aan, kepada wartawan, Minggu.

Hal itu, ujar dia, dilakukan karena terjadinya peningkatan volume kendaraan ke arah Tol Trans Jawa.

“Jadi 3 jam berturut-turut dari mulai jam 8, 9, 10, ini ada peningkatan yang signifikan untuk arus lalu lintas yang menuju ke Trans Jawa arah timur,” ucapnya.

“Kemudian pantauan dari CCTV juga demikian, dari sumber yang ada, mulai dari selatan Jatiasih, kemudian dari arah Sumatra masuk ke Tol Dalam Kota ini juga tinggi, kemudian dari utara Rorotan juga ada peningkatan,” sambung Aan.

Baca juga: One Way Tol Cipali Dimulai dari KM 72 hingga KM 414 Tol Kalikangkung, Kepadatan di Purwakarta

Jika terjadi penurunan volume kendaraan, ia menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan relaksasi.

“Tapi apabila ini masih meningkat, kami akan teruskan,” tutur jenderal bintang dua tersebut.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap salah satu langkah dari pihak kepolisian guna mengurai kemacetan selama arus mudik dan balik lebaran, adalah dengan menambah beberapa pintu exit tol.

Baca Juga  Hubungan Mulai Adem, Tsania Marwa Berharap Diizinkan Atalarik Syach Ajak Anak-anaknya Ibadah Umrah

Ia mengungkapkan itu usai meninjau kesiapan mudik di Gerbang Tol Kalikangkung KM 414, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2024) sore.

“Pada titik-titik exit tol, nantinya juga akan disiapkan petugas tambahan dengan mesin card reader untuk mempercepat arus lalu lintas,” ujarnya.

Baca juga: Kecelakaan Bus Tol Cipali KM 179 Korbannya Peziarah dari Ciputat Timur, Ini Daftarnya

Listyo Sigit menuturkan, dari data milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diperkirakan terjadi peningkatan jumlah pemudik hingga 56 persen pada lebaran tahun ini.

“Diperkirakan jumlah pemudik yang melalui Gerbang Tol Kalikangkung juga bakal meningkat sebesar 4 persen. Sementara pada arus balik, diprediksi bakal terjadi peningkatan hingga 1,5 persen,” tuturnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *