Kompolnas Minta Polisi Usut Penyebab Kematian Brigadir RAT, Ada Beda Keterangan dari Keluarga

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai ada ketidaksesuaian keterangan antara pihak kepolisian dan keluarga terkait kematian Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT).

Diketahui, anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara itu diduga bunuh diri di dalam mobil Toyota Alphard di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Terkait dengan keberadaannya di Jakarta, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat Idnal menyebut Brigadir RAT tengah cuti karena ada urusan keluarga atau kunjungan ke kerabatnya.

Pernyataan itu turut diperkuat Kasi Humas Polresta Manado Ipda Agus Haryono yang menuturkan Brigadir RAT dalam laporannya hanya menyampaikan pada pihaknya yakni untuk mengunjungi rumah kerabatnya di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Namun, istri Brigadir RAT, Novita Husain alias Osin membantah pernyataan pihak kepolisian tersebut.

Baca juga: Sebelum Akhiri Hidup, Brigadir Ridhal Keluhkan Pekerjaan Pada Istri Sebut Nama Bosnya

Osin mengungkapkan, Brigadir RAT bertugas sebagai ajudan seorang polwan di Jakarta sejak tahun 2022.

Terkait perbedaan keterangan ini membuat Kompolnas meminta kepolisian untuk memberikan penjelasan secara transparan soal kematian korban, terutama keberadaan Brigadir RAT di Jakarta.

“Permintaan klarifikasi terutama terkait tugas almarhum, yang sementara ini terlihat ada ketidaksamaan antara menurut pihak keluarga dan Polda (Sulawesi Utara),” ujar Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim ketika dihubungi pada Senin (29/4/2024).

“Dalam pantauan Kompolnas saat ini, meninggalnya anggota Polri RAT sementara masih diduga bunuh diri. Kompolnas mendorong Polda Sulut, Bid Propam, penyidik Reskrimum untuk mengusutnya secara Profesional, transparan dan akuntabel,” lanjutnya.

Ia juga meminta dugaan kematian Brigadir RAT yang mengarah ke bunuh diri mesti dapat dipastikan kembali.

“Dugaan bunuh diri tersebut harus bisa dipastikan benar atau tidak. Kompolnas sendri langkah awal tentunya meminta klarifikasi, termasuk terkait tugas almarhum. Kita minta pihak keluarga dapat diberikan penjelasan secara baik,” ucap dia. 

Baca Juga  Sheila on 7 Siap Konser 'Tunggu Aku Di' di 5 Kota di Indonesia, Simak Jadwal Manggung dan Lokasinya

Polisi dalam percakapan dengan istri

Penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan masih terus mendalami motif tewasnya Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT).

Diketahui, anggota Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara itu diduga bunuh diri di dalam mobil Toyota Alphard di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Baca juga: Daniah Lihat Langsung Kondisi Brigadir RAT yang Tewas di Mobil di Kawasan Mampang Prapatan Jaksel



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *