Kata Mantan Wakil Ketua KPK Dugaan Pemerasan Firli Bahuri Terhadap SYL Kuat Sekali

WARTAKOTALIVECOM, Jakarta – Mochammad Jasin mantan Wakil Ketua KPK menyebutkan bahwa ketua KPK Firli Bahuri yang diduga memeras dan bertemu mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sudah kuat sekali.

Dilansir dari Kompas.com, Jasin mengaku telah menyampaikan hal tersebut kepada penyidik Polda Metro Jaya saat diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK pada Rabu (18/10/2023) lalu.

“Saya sampaikan kepada pihak Polda Metro Jaya bahwa ini (buktinya) sudah kuat sekali,” kata Jasin.

Kemudian Jasin menjelaskan, delik yang tengah ditangani oleh penyidk Polda Metro Jaya adalah mengenai kasus dugaan korupsi berupa pemerasan dan penerimaan gratifikasi.

Tetapi ketiak diperiksa penyidik Polda Metro Jaya selama kurang lebih 3 jam, Jasin mengaku lebih banyak dimintai keterangan mengenai Pasal 36 dan Pasal 65 Undang-Undang 19 tahun 2019 tentang KPK yang melarang pertemuan pimpinannya bertemu dengan orang yang berperkara.

Pertemuan yang diduga dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo itu menurutnya didukung oleh foto yang tersebar luas di media sosial.

“Foto itu ada dua versi. Foto pertama tidak ada kopi dan hidangannya, lalu yang kedua ada kopi dan hidangannya. Namun, sama-sama menggunakan pakaian yang sama,” ujarnya.

Selanjutnya Jasin juga menerangkan bahwa foto tersebut menunjukkan bahwa pertemuan itu dilakukan tidak dalam situasi kebetulan seperti berpapasan.

Sehingga hal inilah yang dilarang oleh KPK, yakni adanya pertemuan antara pimpinan KPK dengan tersangka atau pihak lain yang berhubungan dengan perkara korupsi dan sedang ditangani oleh lembaga antirasuah tersebut.

“Hal itulah yang dilarang oleh KPK,” ujar Jasin.

Pasa yang menyatakan hal itu ada di dalam pasal 65 juncto 36.

Baca Juga  Anies Dinilai Paling Siap Jadi Pemimpin untuk Hadapi Tantangan Internasional

“Ada hukumannya 5 tahun. Nanti kalau dipadukan dengan pasal 12 e pemerasan dan 12 d gratifikasi, itu nyambung. Ini buktinya berlapis, sudah kuat sekali,” tutur Jasin.

Selanjutnya menurut Jasin adanya keterangan dari sejumlah saksi terkait dugaan pemerasan tersebut.

“Dugaan saya sudah komplit, seperti apa yang disinggung oleh penyidik,” ujarnya.

Adapun Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Firli Bahuri telah datang ke Bareskrim Polri pada hari ini, Selasa (24/11/2023).



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *