Hari Pertama Rekapitulasi Surat Suara di Kecamatan Cakung, Empat Kelurahan jadi Sasaran

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG – Pengurus Pemilihan Umum (Pemilu) DKI Jakarta resmi memulai rekapitulasi surat suara pada Jumat (16/2/2024).

Rekapitulasi dilakukan per kelurahan dengan urutan pengecekan surat suara pemilihan Calon Presiden (Capres) dan  Calon Wakil Presiden (Cawapres), Dilanjut DPR RI, DPRD, dan DPD sesuai instruksi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur.

Agenda itu dilakukan dengan dipimpin langsung ketua Pemilih Penyelenggara Kecamatan (PPK), serta dihadiri Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), KPU Jakarta Timur, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), hingga saksi Partai Politik (Parpol) dan dilakukan di rusun Penggilingan, kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (16/2/2024).

Ketua PPK kecamatan Cakung, Asep Darudin mengatakan terkhusus di kecamatan Cakung, Jakarta Timur, hari pertama rekapitulasi dilakukan terhadap empat kelurahan.

Baca juga: Timnas AMIN Bongkar Kecurangan Pilpres 2024, Tuding Ada yang Menangkan Paslon Tertentu

Empat kelurahan tersebut diketahui memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak dari kelurahan lainnya.

Sementara untuk target yang diharapkan KPU Jakarta Timur, rekapitulasi kecamatan ditargetkan rampung hingga 17 hari ke depan, dan tiga hari diselesaikan pada tingkat kota.

Walaupun Cakung tercatat memiliki jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak se Jakarta Timur dengan jumlah 1592 dari tujuh kelurahan, ia menilai pihaknya akan sanggup menyelesaikan sesuai target.

“Sesuai dengan arahan (KPU Jakarta Timur) kami utamakan yang terbesar dahulu, hari ini kami mulai sekira ada empat kelas, karena memang dengan keadaan empt kelas itu yang terbesar di Cakung. Sementara sekarang itu yang pertama Pulogebang, Penggilingan, Jatinegara, dan Cakung Timur,” kata Asep, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Ditempel Prabowo-Gibran, Anies-Cak Imin Unggul Sementara Perolehan Suara di Kecamatan Cakung

Asep menjelaskan proses rekapitulasi dilakukan dengan mencocokkan data jumlah suara yang diperoleh sebelumnya dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Kamis (15/2/2024) yang dicatat pada lembar C Plano dan disesuaikan dengan data real time di website sirekap.

Baca Juga  PKN Targetkan Satu Kursi DPR di Dapil Depok- Bekasi, Dian Farizka Yakin Lolos ke Senayan

“Kami tetap melakukan secara sistem yang sesuai dengan instruksi KPU Jakarta Timur, kemarin sore kami sudah melakukan zoom dan menjadi dasar adalah C Plano dan kami harap juga dari sirekap dan itu jadi dasaran kami,” lugasnya.

Namun hingga sekira pukul 17.00 WIB, Asep mengungkapkan belum dapat memberikan data yang rinci untuk hasil rekapitulasi suara para kontestan politik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tersebut.

Mengingat rekapitulasi masih terus berlangsung sejak dimulai sekira pukul 09.00 WIB hingga akan diselesaikan sekira pukul 23.59 WIB. (m37)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *