Harga Beras Terus Turun, Pasokan untuk Hadapi Ramadan Hingga Lebaran Dipastikan Aman

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Tim Satgas Pangan Polres Metro Jakarta Utara terus melakukan pengawasan untuk memastikan harga dan pasokan beras aman saat Ramadan hingga Lebaran. 

Salah satunya dengan melakukan pengecekan ketersediaan beras yang ada di gudang beras Bulog, Kelapa Gading. Jakarta Utara, hingga menyasar agen-agen beras, Jumat (15/3/2024). 

Hasilnya pasokan beras yang ada di sejumlah agen beras terpantau aman. Bahkan belakangan ini harga beras mengalami penurunan sertelah sempat melonjak beberapa waktu lalu.

Salah satu pemilik agen beras di kawasan Kecamatan Koja, H. Slamet menyebutkan saat ini harga beras sudah mulai turun.

Baca juga: Dinas KPKP DKI Jakarta Pastikan Stok Beras di Ibu Kota Aman Sampai Lebaran Idulfitri 2024

Saat ini harga beras untuk jenis medium dibanderol Rp14.000 perkilogram dari sebelumya yang mencapai Rp15.000 hingga Rp17.000 perkilogram.

“Untuk jenis premium harganya masih sama Rp18000 perkilogram, tapi kemungkinan akan ikut turun juga dan bisa mencapai Rp15.000 perkilogram,” kata H. Slamet, Jumat (15/3/2024).

Sementara Wawan, karyawan agen beras Berkah Jaya di kawasan Kecamatan Tanjung Priok, juga mengatakan harga beras premium juga dijualnya dengan harga Rp14.000 perkilogram.

“Mudah-mudahan harganya terus turun lagi, kasian juga sama masyarakat karena harga beras sebelumnya tinggi dan juga berimbas ke pedagang karena masyarakat mengurangi daya beli mereka,” kata Wawan.

Baca juga: Kaum Perempuan Gelar Aksi di Depan Istana, Tuntut Beras Murah Minta Jokowi Tanggung Jawab

Sementara di gudang beras Bulog, sekarang ini sudah mulai masuk ke tanah air beras impor dari beberapa negara dari Pakistan, Vietnam hingga Myanmar sehingga pasokan mulai kembali banyak.

“Intinya cadangan untuk beras daerah DKI dan Banten selama Ramadan hingga lebaran dinyatakan aman,” ujar Kepala Gudang Beras Bulog, Prasetia Ramadansyah.

Baca Juga  Anies Rayakan Malam Natal bersama Anak-Anak Panti Asuhan St. Thomas Semarang

Dari hasil pemeriksaan itu juga tercatat, untuk stok beras relatif aman, dan untuk harga beras di beberapa agen sudah mulai turun dari yang sebelumnya diberitakan bahwa harga beras naik.

Adapun beras saat ini untuk beras jenis medium sekarang dijual dengan harga Rp13.500 sampai dengan Rp14.500. Sedangkan untuk harga beras SPHP Bulog masih tetap Rp10.900. 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *