H-5 Lebaran, Pemkab Bekasi Masih Kebut Perbaikan Jalan Rusak di Jalur Mudik Inspeksi Kalimalang

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI—– H-5 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/ 2024, Pemerintah Kabupaten Bekasi masih terus mempercepat perbaikan jalan rusak di jalur mudik sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan memastikan pengerjaan selesai 100 persen pada Senin (8/4/2024).

Untuk memastikan itu dirinya secara langsung meninjau progres perbaikan pada ruas Jalan Tegal Gede, di bawah Fly Over Kalimalang.

“Kami terus mengehar perbaikan jalan-jalan rusak, terutama rusan parah sehingga harus dilakukan pengecoran untuk memfasilitasi jelang arus mudik di Kabupaten Bekasi,” kata Dani pada Jumat (5/4/2024).

Dani Ramdan mengatakan, jalan penghubung tersebut rencananya akan dilakukan pengecoran malam ini.

Kemudian jalur tersebut akan tersedia untuk dilewati para pemudik pada Senin (8/04/2024). Karena diperkirakan puncak arus mudik di Kabupaten Bekasi sendiri terjadi pada hari Senin dan Selasa depan.

Baca juga: Disdukcapil Kabupaten Bekasi Buka Layanan di Kecamatan saat Libur Lebaran, Ini Daftar Lokasinya

“Perbaikan ini dipersiapkan untuk arus mudik dan balik. Pada tahun ini kita mengerjakan sepanjang 7,5 kilometer, terbagi menjadi dua titik rekontruksi dan sudah termasuk overlay,” ujar Dani.

Jalan Raya Kalimalang memang dipersiapkan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu jalur alternatif yang dapat dilewati oleh para pemudik selain jalur utama Pantura.

Diharapkan setelah proses perbaikan ini selesai dan jalannya sudah dapat dilewati, maka konsentrasi arus kendaraan dapat terbagi menjadi dua.

Sehingga masyarakat dapat memilih di antara dua opsi tersebut untuk dapat dilewati untuk pulang ke kampung halamannya.

Baca juga: Disperkimtan Kabupaten Bekasi Siapkan Ketersediaan Lahan untuk Kepentingan Umum

“Kalau rekontruksinya kita kejar supaya bisa digunakan untuk arus mudik dan overlaynya mungkin kita lanjutkan setelah lebaran. Tapi bisa dipastikan jalur-jalur arus mudik di Kabupaten Bekasi siap 100 persen untuk menunjang pergerakan arus mudik nanti,” katanya.

Baca Juga  Pj Gubernur Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Makassar: Luruskan Niat Hanya untuk Beribadah

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Henri Lincoln menambahkan, pihaknya optimistis bahwa Jalur Kalimalang dapat diselesaikan saat arus mudik tiba. Hal itu karena spek yang digunakan untuk pengecoran jalan menggunakan Beton Fast Track dengan mutu yang tinggi.

“Jadi keunggulan Beton Fast Track ini adalah beton siap pakai yang cepat mengeras dan dapat langsung digunakan untuk lalu lintas. Jadi target kita tiga hari jalan ini dicor sudah bisa digunakan,” ujar Henri.

Baca juga: Rumah Kosong saat Mudik Lebaran, Kombes Twedi Ingin Warga Kabupaten Bekasi Aktifkan Pam Swakarsa

Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) terus menyisir jalan-jalan berlubang yang mengalami kerusakan ringan sekaligus memperbaikinya.

Tim URC terus bekerja siang dan malam menutup jalan-jalan berlubang yang ada di Jalur Kalimalang agar dapat dilalui oleh pemudik dengan aman dan nyaman.

“Tim URC terus melakukan perbaikan pada lubang-lubang minor atau kecil yang ada di sepanjang Jalan Kalimalang. Selain dari sisi kenyamanan, perbaikan lubang-lubang ini tentunya juga mengejar dari sisi aspek keselamatan para pemudik juga,” tutupnya. (MAZ)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *