Dialog Kebangsaan dengan Mahasiswa Sukabumi, Anies: Mari Jaga Republik ini dengan Hadirkan Keadilan

WARTAKOTALIVE.COM, SUKABUMI – Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengajak generasi muda untuk menjaga republik ini dengan menghadirkan keadilan.

Ajakan ini disampaikan Anies di depan berbagai elemen mahasiswa dari berbagai kampus di Sukabumi, Jawa Barat, dalam acara Dialog Kebangsaan: Mempersiapkan Generasi Muda Menuju Indonesia Emas, di Institut Madani Nusantara (IMN), Sukabumi, Jawa Barat pada Rabu (20/9/2023).

“Yuk kita jaga republik ini dengan menghadirkan keadilan. Persatuan Indonesia terjaga dengan hadirnya rasa keadilan,” katanya dalam siaran tertulis pada Rabu (20/9/2023).

Anies menambahkan, bangsa Indonesia memiliki keunikan dibanding negara lainnya.

Salah satu keunikannya adalah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

“Anak muda kumpul, menyatakan kami Indonesia, ditandai dengan menyepakati bahasa persatuan. Yang dipilih bukan bahasa dengan penggunanya terbanyak, tapi perasaan kebersamaan,” katanya.

Anies mengatakan, Indonesia adalah persenyawaan dari beragam etnis dan budaya, yang melebur menjadi bentuk baru bernama Indonesia.

“Indonesia ada Sunda, Batak, Minang, Manado, dan sebagainya, lalu berinteraksi dan melebur. Saat bicara kita bahasa Sunda, Batak, kita tak kehilangan Indonesianya. Begitu juga sebaliknya,” ujar Anies.

Baca juga: Tak Sepakat dengan Rizal Ramli, Susi Pudjiastuti Ungkap Alasan Banyaknya Proyek Gagal di Era Jokowi

Baca juga: Viral Potret Mahasiswa UI Tidur Ketika Ganjar Pranowo Berikan Kuliah Umum di FISIP UI, Ini Faktanya

Setuju dengan Gagasan Anies, Mahasiswi Fakultas Pertanian UGM Ingin Petani Indonesia Lebih Sejahtera

Sebelumnya, Anies menyampaikan gagasannya dalam kegiatan Bacapres Adu Gagasan di Graha Sabha Pramana UGM, Yogyakarta pada Selasa (19/9/2023). 

Gagasan Anies terkait perbaikan tata niaga dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi perhatian bagi Laras dan Tika, Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada.

Baca Juga  Ucie Sucita Beri Bantuan untuk Korban Gempa Sumedang, Disambut Gempa Susulan Saat Pulang Kampung

“Saya amat tertarik pada gagasan Pak Anies terkait bidang pertanian, kami inginnya memang petani itu harus sejahtera, apalagi ini ke depan makin banyak (kalangan muda) yang gak mau jadi petani,” ungkap Laras. 

Laras mengaku dirinya pernah melakukan penelitian serupa dan menemukan kehidupan petani yang penuh dengan ketidakpastian, mulai dari masa tanam sampai panen yang hasilnya juga belum pasti apakah akan balik modal atau malah merugi dan berutang.

Itu belum ditambah banyaknya konflik agraria terkait tanah-tanah yang diolah.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *