Anies Ungkap Minimnya Oposisi Parpol di Indonesia untuk Mengimbangi Jalannya Pemerintahan

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W. Nugraha 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengungkapkan minimnya partisipasi parpol oposisi untuk mengimbangi jalannya pemerintahan.

Adapun hal itu disampaikan Anies Baswedan menjelaskan terkait pembenahan partai politik dalam debat perdana di kantor KPU, Selasa (12/12/2023).

“Salah satu pilar demokrasi adalah partai politik. Namun kepercayaan publik terhadap partai politik rendah. Apa yang akan Anda lakukan terkait tata kelola pembenahan partai politik?” tanya panelis kepada Anies.

Kemudian Anies mengungkapkan bahwa permasalahan itu lebih dari sekedar partai politik, rakyat tak percaya pada proses demokrasi yang sekarang terjadi.

Baca juga: Momen Prabowo dan Ganjar Kompak Saling Tos dan Rangkulan di Debat Capres

“Itu jauh lebih luas dari sekedar partai politik. Ketika kita bicara demokrasi minimal ada tiga,” lanjutnya.

Pertama kata Anies adanya kebebasan dalam berbicara. Yang kedua adanya oposisi yang bebas untuk mengkritik pemerintah yang menjadi penyimbang pemerintahan.

“Yang ketiga adanya proses pemilu proses Pilpres yang netral dan transparan jujur dan adil. Kita saksikan akhir-akhir ini dua ini mengalami problem. Kita menyaksikan bagaimana kebebasan berbicara menurun termasuk mengkritik partai politik,” sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan dan angka demokrasi menurun, indeks demokrasi menurun.

“Bahkan pasal-pasal yang memberikan kewenangan untuk digunakan secara karet kepada pengkritik. Misalnya Undang-Undang ITE atau pasal 14 dan 15 Undang-Undang No 1 tahun 1946 itu semua membuat kebebasan dalam berbicara menjadi terganggu,” kata Anies.

Kemudian ia mengungkapkan minim adanya oposisi partai politik selama ini di Indonesia.

“Sekarang ujiannya adalah besok, apakah bisakah pemilu bisa diselenggarakan dengan netral, adil dan jujur. Jadi persoalan demokrasi kita lebih luas lebih dari partai politik,” tegasnya

Baca Juga  ICMI Depok Bersama Pelaku Usaha dan Pakar Koperasi Bedah Permenkop No 9 Tahun 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *