TNI Siap Amankan KTT ASEAN Ke-43 di Jakarta

Jumat, 18 Agustus 2023 – 14:33 WIB

Jakarta – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, pihaknya saat ini telah fokus mempersiapkan pengamanan pelaksanaan KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 sampai dengan 7 September 2023 mendatang di wilayah Jakarta.

Baca Juga :

Taktik Jitu Pasukan Elite Rusia Bikin Formasi Tempur Ukraina Kocar-kacir

Yudo mengaku, dirinya sudah menerima paparan yang disampaikan oleh Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma terkait dengan strategi pengamanan para tamu negara-negara ASEAN yang akan hadir dalam forum berskala internasional itu pada hari Kamis kemarin, 17 Agustus 2023 di Wisma Ahmad Yani, Menteng, Jakarta Pusat.

Kogabwilhan I selaku Komando Gabungan  Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP bertanggung jawab dalam menyelenggarakan Operasi Pengamanan (pam) VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan selama kegiatan Pengamanan VVIP KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT 2023 nanti.

Baca Juga :

KSAL: Panglima Perang Wanita Laksamana Malahayati Jadi Inspirasi Dalam Membangun Kekuatan Matra Laut

Lebih jauh Yudo menjelaskan, pada kegiatan Pam VVIP KTT ASEAN tersebut, nantinya terdapat beberapa Satuan Tugas (Satgas) yang akan melaksanakan pengamanan diantaranya Satgas Pam VVIP dan Pam Wilayah, Satgas Udara/Hanud, Satgas Passus, Satgas Penerangan, Satgas Medis, Satgas Intel, Satgas Laut, Satgas Pam Bandara dan Pelabuhan, Satgas Komlek, Satgas Evakuasi, dan Satgas Siber.

“Tujuan dilaksanakan Pam VVIP KTT ASEAN untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP peserta Konferensi setiap saat di manapun berada, serta menjamin keamanan wilayah yang dikunjungi oleh VVIP,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum’at, 18 Agustus 2023.

Baca Juga  Pelumas Baru Bersertifikat ROHS Ramaikan GIIAS 2023

Baca Juga :

Gara-gara Posisinya Dibocorkan Sersan Ingusan, Tentara Ukraina Dibantai Habis Pasukan Rusia

Panglima TNI juga menegaskan, bahwa pengamanan kali ini tidak akan berbeda jauh dengan pengamanan pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT lalu.

“KTT ASEAN sudah pernah dilaksanakan, jadi saya yakin perwira semuanya dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan selanjutnya dibutuhkan kerjasama antar Satgas yang sifatnya koordinasi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Sejumlah pejabat militer turut hadir dalam rapat pemaparan persiapan pengamanan para tamu VVIP KTT ASEAN SUMMIT 2023, diantaranya adalah, Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, Irjen TNI Laksdya TNI Dr. Angkasa Dipua,m, para Asisten Panglima TNI, Dankoopssus TNI Mayjen TNI Joko P. Putranto, Danpaspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono, Kapuskes TNI Mayjend TNI dr. Guntoro, Dansatsiber TNI Laksma TNI Tri Harsono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohammad Hasan, Pangkoarmada I Laksda TNI Achmad Wibisono dan Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *