Tembakau Alternatif Lebih Rendah Risiko daripada Rokok, Ada Buktinya?

Senin, 21 Agustus 2023 – 07:18 WIB

JAKARTA – Kajian ilmiah dari dalam dan luar negeri telah membuktikan produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan, rokok elektrik atau vape, dan kantong nikotin, memiliki profil risiko yang lebih rendah daripada rokok. Oleh karena itu, akses dan informasi yang akurat tentang produk ini dibutuhkan untuk membantu perokok dewasa beralih dari kebiasaannya.

Baca Juga :

Terpopuler: Penyebab Rokok Bikin Perut Mules, Mozarella dari Dusun Raup Omzet Ratusan Juta

Lantas, adakah buktinya? Seperti apa faktanya? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (SF-ITB) telah melakukan kajian literatur ilmiah dengan tajuk Kajian Risiko (Risk Assessment) Produk Tobacco Heated System (THS) Berdasarkan Data dan Kajian Literatur yang bertujuan untuk menghitung perkiraan tingkat risiko produk tembakau yang dipanaskan.

Baca Juga :

Boedy JVS Sosok Dibalik Kolaborasi Vape Para Artis

Tim Peneliti dan Guru Besar SF-ITB Prof. Dr. rer. nat. Rahmana Emran Kartasasmita, M.Si., menjelaskan hasil kajian literatur ilmiah menyimpulkan bahwa produk tembakau yang dipanaskan memiliki profil risiko yang lebih rendah daripada rokok.

Meski produk tersebut tidak bebas risiko, namun paparan zat berbahaya dan berpotensi berbahaya (harmful and potentially harmful constituents) dari produk tembakau yang dipanaskan terbukti lebih rendah daripada asap rokok.

Baca Juga :

Tiga Orang Tewas dalam Kebakaran Hotel di Jaksel, Penyebabnya Diduga dari Puntung Rokok

Vape atau rokok elektrik.

Vape atau rokok elektrik.

“Kalau dipikir sederhana secara logika, tentu saja dengan dipanaskan seharusnya lebih sedikit komponen zat berbahaya dan berpotensi berbahaya yang terbentuk secara kualitatif, jenis, maupun kuantitatif kadarnya,” kata Prof. Emran.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *