Menhan Prabowo Borong 12 Unit Drone Tempur ANKA dari Turki

Jumat, 11 Agustus 2023 – 17:34 WIB

Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan RI) berencana membeli drone/pesawat nirawak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) ANKA dari dari Turki. 

Baca Juga :

Lawan Anopheles, Pasukan Raja Raider Kostrad TNI Lari Putari Kota Modern Tambang Emas Raksasa Dunia

Tidak tanggung-tanggung, Menhan Prabowo rencananya akan memborong drone tempur itu sebanyak 12 unit untuk memperkuat pertahanan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Drone tempur buatan Turkish Aerospace itu dibeli Kemenhan dengan nilai kontrak mencapai 300 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 4,53 triliun.

Baca Juga :

Prabowo Bantu Pengobatan Korban Amputasi Kaki Gegara Selamatkan Kucing

“Proses pembelian tersebut ditandai dengan adanya penandatangan kontrak dengan pihak penyedia yaitu Turkish Aerospace pada 3 Februari 2023,” kata Kepala Biro Humas Setjen Kemenhan Brigjen Edwin Adrian Sumantha dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Jum’at, 11 Agustus 2023.

Saat ini, lanjut dia, nilai kontrak masih dalam proses aktivasi di Kementerian Keuangan. Sementara, untuk pengiriman 12 unit drone tempur ANKA tersebut akan dilaksanakan 32 bulan setelah kontrak berlaku efektif.

Baca Juga :

Keakraban dengan Gibran dan Relawan Dinilai sebagai Sinyal Restu Jokowi ke Prabowo

Selain materiil kontrak utama dalam pembelian drone tempur itu, Pemerintah Indonesia mendapat keuntungan lainnya yakni Transfer of Technology (ToT), Integrated Logistic Support (ILS), Ground Support and Test Equipment (GS&TE), Flight Simulator, Infrastruktur Hanggar dan pelatihan serta garanti selama 24 bulan atau 600 jam terbang.

Untuk diketahui, Drone ANKA dapat dilengkapi dengan beberapa jenis senjata. Konfigurasi perangkat dan senjata yang dapat dipasang di dalam drone buatan Turki ini antara lain yakni EO/IR SATCOM+Radio Relay, EO/IR+SATCOM+Laser Guided Smart Bombs and Missiles, EO/IR+SATCOM+SAR/ISAR/GMTI+AIS dan EO/IR+COMINT/DF+ESM/ELINT.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *