Korban Tewas Akibat Kebakaran Hawaii Bertambah Jadi 53 orang

Jumat, 11 Agustus 2023 – 15:47 WIB

Hawaii – Korban meninggal akibat kebakaran hutan di Hawaii bertambah menjadi 53 orang sementara upaya pencarian dan penyelamatan masih berlanjut terhadap mereka yang hilang. Sebanyak enam kebakaran menghanguskan Big Island dan Maui, di mana sebagian besar kerusakan terjadi sejak kebakaran melanda pada  Selasa.

Sekitar 1.700 rumah dan bangunan hancur dan ribuan penduduk dan wisatawan dievakuasi dari wilayah berbahaya. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, telah menyetujui pernyataan bencana untuk membantu upaya tanggap darurat dan pemulihan.

“Jill dan saya mengucapkan belasungkawa mendalam bagi keluarga dan mereka yang kehilangan dalam kebakaran di Maui, dan doa kami menyertai mereka yang kehilangan rumah mereka, menghancurkan usaha dan masyarakat,” kata Biden dalam pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih.

Baca Juga :

Viral Polusi Udara Jakarta Kian Buruk, Ini Penjelasan KLHK dan BMKG

Kebakaran di Hawaii, Amerika Serikat.

Kebakaran di Hawaii, Amerika Serikat.

Photo :

  • Zeke Kalau/County of Maui via AP

Penjaga Pantai Amerika Serikat telah menyelamatkan lebih dari selusin orang yang melompat ke laut untuk menyelamatkan diri dari kebakaran dan Garda Nasional Hawaii telah diminta membantu petugas pemadam kebakaran dan darurat lainnya.

“Kami berterima kasih kepada para pemadam kebakaran dan petugas penyelamat pemberani yang terus berlari menuju bahaya, membahayakan diri untuk menyelamatkan jiwa,” kata Biden.

 “Saya telah memerintahkan semua aset federal yang tersedia di pulau itu untuk membantu menanggulangi bencana.”

Sementara angin kencang berkecepatan 96 kilometer per jam akibat Badai Dora di Samudra Pasifik memicu kobaran api yang lebih hebat dan merusak. Gubernur Hawaii Josh Green pada Kamis pagi memperkirakan jumlah korban tewas akan bertambah signifikan dari sebelumnya 36 orang saat petugas penyelamat menyisir rumah-rumah dan bangunan yang terbakar tanpa sisa.

Baca Juga  Geoffrey Robertson viral video tiktok

“Kami tidak pernah kehilangan nyawa sekali waktu seperti ini selama bertahun-tahun,” ujar Green dalam wawancara dengan CNN.

“Saat kita tiba di ratusan rumah yang hangus oleh api…kami khawatir menemukan jasad orang-orang yang tidak bisa menyelamatkan diri.” lanjut dia.

Dua ribu pelancong terdampar di Bandara Internasional Maui akibat pembatalan penerbangan. Petugas berwenang mengatakan empat ribu pengunjung dan warga lain ditampung di Pusat Konvensi Hawaii di Honolulu.

Otoritas meminta wisatawan dan warga untuk menjauhi wilayah berbahaya. “Kami meminta warga untuk memperhatikan peringatan keselamatan dari petugas berwenang dan mematuhi perintah evakuasi dan pedoman keselamatan yang dikeluarkan otoritas setempat.” bunyi pernyataan Penjaga Pantai. (Ant/Antara)

Baca Juga :

ECOWAS Perintahkan Pengaktifan Pasukan Siaga di Niger

Central Intelligence Agency

China Murka Salah Satu Warganya Jadi Mata-Mata CIA

China mengungkap adanya dugaan mata-mata untuk Badan Intelijen Pusat AS (CIA), yang juga merupakan seorang warga negara Beijing.

img_title

VIVA.co.id

11 Agustus 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *