Australia Beli Rudal Tomahawk AS, Perkuat Kemampuan Serangan Jarak Jauh Lawan China

Losergeek.org, Jakarta – Australia akan menghabiskan A$1,3 miliar untuk membeli lebih dari 200 rudal jelajah Tomahawk dari Amerika Serikat, pada Senin 21 Agustus 2023. Pembelian ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan serangan jarak jauh Australia.

Australia akan menjadi satu dari tiga negara yang memiliki Tomahawk bersama dengan AS dan Inggris, kata Menteri Pertahanan Richard Marles.

“Kami berinvestasi dalam kemampuan yang dibutuhkan Angkatan Pertahanan kami untuk menjaga pantai kami dan menjaga keamanan warga Australia di dunia yang kompleks dan tidak pasti di mana kita hidup hari ini,” kata Marles dalam sebuah pernyataan.

Departemen Luar Negeri AS pada Maret menyetujui penjualan Tomahawk, yang memiliki jangkauan 1.500 kilometer, tetapi tidak menunjukkan pada saat kontrak telah ditandatangani atau pembicaraan telah selesai.

Rudal versi kapal yang diluncurkan, diproduksi oleh RTX Corp, akan dikerahkan di kapal perusak kelas Hobart Angkatan Laut Australia, katanya.

Awal tahun ini pihaknya setuju untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Inggris untuk mengembangkan armada kapal selam bertenaga nuklir.

Selain Tomahawk, Australia akan menghabiskan sekitar A$431 juta untuk membeli lebih dari 60 peluru kendali anti-radiasi canggih dari Amerika Serikat, kata menteri pertahanan.

Iklan

Peluru kendali anti-tank jarak jauh juga akan dibeli untuk kendaraan pengintai tempur Boxer Angkatan Darat Australia dalam kontrak senilai lebih dari A$50 juta.

Pengumuman pembelian Tomahawk datang beberapa hari setelah AS menyetujui kemungkinan penjualan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 ke Australia seharga US$975 juta.

Australia mengatakan perlu meningkatkan kekuatan pertahanannya karena China sedang melakukan pembangunan militer terbesar sejak akhir Perang Dunia Kedua.

Pilihan Editor: Rudal Hipersonik AS Melesat 17 Kali Lebih Cepat daripada Tomahawk

Baca Juga  Tempat Olahraga Di Kota Jakarta Utara Terbaru

REUTERS



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *